Penyebab Telinga Sakit Yang Umum

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang sangatlah penting, dan bila sampai terjadi masalah tentu akan sangatlah tidak nyaman. Informasi mengenai penyebab telinga sakit itu sebenarnya diperlukan, agar supaya kita tahu penyakit yang mungkin muncul.

Karena terkadang orang memang menyepelekan kalau ada bagian telinga yang sakit, padahal bisa jadi merupakan penyakit yang mungkin berbahaya. Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa penyebab yang mungkin saja merupakan penyakit yang berbahaya.

Penyebab Sakit Pada Telinga

Sebenarnya selain dari alat pendengaran, telinga itu juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan tubuh jadi memang sangat penting. Bila ada gangguan pada telinga bagian dalam, maka akan bisa mengakibatkan adanya pusing dan mungkin vertigo.

Jadi kita memang perlu lebih peka terhadap tubuh kita terutama apabila kita mengalami sakit pada telinga tersebut. Nah berikut ini beberapa kondisi yang mungkin kalian alami apabila sampai terkena sakit pada telinga baik bagian dalam maupun bagian luar.

1. Infeksi Telinga

Penyakit pertama yang mungkin akan menjadi penyebab dari sakit pada telinga itu adalah terjadinya infeksi pada telinga. Biasanya kalau ada infeksi memang akan terasa sangat nyeri sekali pada telinga, dan mungkin bisa mengurangi pendengaran.

Penyakit seperti ini biasanya dialami oleh anak-anak, karena memang 75% kasus terjadi pada anak-anak. Penyebabnya bisa banyak hal, mulai dari flu, merokok, alergi, ataupun bisa jadi karena infeksi sinus.

2. Penyakit Meniere

Penyebab telinga sakit bisa jadi karena penyakit telinga yang bernama Meniere yang bisa menyebabkan orang terkena vertigo. Jadi penyakit ini adalah sebuah kondisi dimana ada kelainan cairan pada telinga dan itu bisa memberikan serangan vertigo. Ini penyakit yang tidak bisa disepelekan ya, kalau muncul beberapa gejala penyakit ini, maka segera kalian konsultasi ke dokter. Nanti kalian akan mendapatkan penanganan obat.

3. Tinnitus

Penyakit lain yang mungkin menyebabkan telinga jadi sakit itu adalah penyakit yang bernama tinnitus, ini adalah sejenis kelainan. Jadi ada kelainan dimana orang akan mendengar suara mendengung dari dalam telinga, jadi bukan dari luar telinga.

Penyebabnya bisa macam-macam, dan langkah penanganannya pun tergantung dari pemicu adanya penyakit tersebut. Bisa karena efek samping obat, atau gangguan pembuluh darah atau bisa juga mendengar suara terlalu keras.

Gejala Sakit Telinga

Sebenarnya ada beberapa gejala yang mesti kalian waspadai ketika sakit telinga yang kalian alami itu adalah penyakit yang berbahaya. Seperti misalnya sakit telinga yang teramat sangat bahkan sampai menghilangkan keseimbangan tubuh kalian dan menimbulkan vertigo.

Ada juga yang sampai menyebabkan demam tinggi juga, hal seperti ini harus langsung kalian periksakan ke dokter. Beberapa gejala tersebut biasanya merupakan indikasi dari penyakit yang sangat berbahaya yang diderita oleh tubuh.

Cara Mengatasinya

Untuk cara mengatasi sakit telinga sendiri harus disesuaikan dengan penyebab dari sakit telinga itu sebenarnya apa. Misalnya bila itu berasal dari penyakit yang berbahaya, maka akan dibutuhkan obat tertentu untuk bisa menyembuhkan penyakitnya. Bila karena suara yang terlalu keras, maka kalian bisa menghindari suara yang keras itu terlebih dahulu. Jadi intinya kenali dulu penyebab telinga sakit.

Memang sakit telinga itu sangatlah mengganggu terutama kalau sudah sampai membuat kepala kita pusing dan kehilangan keseimbangan. Info kesehatan soal sakit telinga dan lainnya bisa kalian dapatkan di Ngovee dengan mudahnya.