Pinggang Belakang Terasa Sakit? Kenali Gejala Dan Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Sakit pinggang sering dirasakan orang terutama pada bagian belakang pinggang. Terdapat rasa nyeri karena sakit pinggang belakang ini. Lebih tepatnya menyerang bagian tulang ekor atas atau garis bokong serta di bawahnya tulang rusuk. Sakit pinggang tersebut biasa disebut juga dengan “low back pain”. Tubuh bagian belakang atau punggung tersusun dengan tulang yang didukung cakram, otot, sumsum, ligamen dan serabut saraf.

Otot perut akan membantu tulang belakang untuk melakukan fungsinya. Sakit pinggang ini sendiri termasuk keluhan yang cukup umum. Bahkan hampir tiap orang pernah merasakan kondisi sakit pinggang setidaknya sekali. Anda dapat membatasi risiko merasakan penyakit sakit pinggang dengan mengurangi ragam faktor pemicunya.

Beberapa Gejala Atau Tanda Sakit Pinggang

Biasanya gejala dari sakit pinggang ini muncul saat punggung bawah cedera atau pun mengalami trauma. Sementara ada juga beberapa tanda dari kondisi sakit pinggang seperti kesemutan dan sensasi terbakar di bagian pinggang belakang. Terasa juga rasa sakit yang ringan atau bisa tajam yang dapat menyebabkan kita tidak dapat bergerak.

Bisa dibilang sakit pinggang tergantung dari penyebabnya, Anda bisa mengalami sakit di bagian kaki, telapak kaki atau pinggul. Di samping itu, kaki juga mungkin terasa lemah sehingga akan kesulitan berdiri. Sakit pinggang ini gejalanya hilang beberapa hari setelah pengobatan, tetapi bisa berminggu-minggu.

Namun, jika rasa sakit pinggang belakang masih saja terasa selama tiga bulan, maka bisa dikatakan kalau sakit tersebut merupakan sakit pinggang kronis. Sehingga memerlukan penyembuhan yang lebih lanjut untuk sakit pinggang tersebut. Mungkin juga ada gejala yang lain sehingga akan lebih baik kalau memiliki pertanyaan seputar tanda-tandanya, bisa konsultasikan dengan pihak dokter.

Penyebab Low Back Pain

Ada ragam penyebab sakit pinggang seperti benturan keras pada bagian punggung bawah dikarenakan cedera atau trauma. Hal tersebut bisa menyebabkan nyeri yang bisa berlangsung 1 hingga 7 hari. Rasa nyeri tersebut bisa juga bersifat kronis serta berlangsung lama hingga 3 bulan.

Penyebab lain sakit pinggang yaitu karena faktor lemak, atau postur tubuh buruk. Penyebab lain yaitu gerakan tiba-tiba yang bisa menyebabkan rasa nyeri serta karena sakit perut dan lemah otot. Hal lain yang menjadi penyebab sakit pinggang yaitu karena terlalu sering duduk, saat mencoba mengambil sesuatu, dan cedera otot.

Pada saat beraktivitas terlalu berlebihan, maka otot serta ligamen di pinggang bisa meregang bahkan bisa robek. Pada saat terjadi cedera otot, maka Anda dapat merasakan punggung menjadi kaku dan kejang otot. Hal ini bisa menyebabkan sakit di pinggang belakang bagian bawah.

Kapan Perlu Memeriksa Sakit Pinggang Ke Dokter?

Kalau memiliki tanda-tanda serta gejala di atas, maka akan lebih baik ke dokter. Termasuk juga jika anda tidak yakin dengan sakit pinggang anda sehingga memiliki kekhawatiran, maka silakan konsultasikan saja ke dokter.

Kondisi sakit pinggang bisa saja berbeda bagi tiap orang. Jika setelah 48 hingga 72 jam, sakit pinggang tak mereda, maka sebaiknya segera ke dokter. Anda bisa diskusikan untuk metode perawatan, diagnosis, dan juga pengobatan paling terbaik untuk Anda sendiri. Sehingga sakit pinggang belakang bisa diatasi dengan maksimal.

dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee menambahkan, segera periksakan keluhan nyeri punggung jika ada tanda-tanda bahaya yang menyertai jika sakit pinggang muncul seletah terjatuh atau cedera. Lakukan juga pemeriksaan jika  mengalami sakit pinggang atau punggung yang diikuti dengan masalah kelemahan kaki, demam atau nyeri saat batuk atau buang air kecil, dan tidak dapat mengontrol buang air kecil maupun buang air besar. 

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya lewat Ngovee. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Ngovee.