Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Jantung, Apa Saja?
Dr. Fala Adinda

Tahukah kamu jika perawatan penyakit jantung bervariasi berdasarkan kondisi yang dimiliki oleh pasien? Misalnya, jika kamu memiliki infeksi jantung, kemungkinan kamu akan diberikan antibiotik. Pengobatan jantung sendiri berbeda-beda sesuai dengan penyebab dan kondisinya.

Cara-Cara Pengobatan Penyakit Jantung

Sebelum melakukan pengobatan, biasanya pihak dokter akan mendiagnosa penyakit terlebih dahulu. Namun secara umum, perawatan untuk penyakit jantung biasanya meliputi:

CPR

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh kamu dan ahli kesehatan untuk mengatasi penyakit jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari CPR, operasi teknologi tinggi, hingga pemberian perawatan. Kemungkinannya adalah kamu mungkin membutuhkan tipe yang berbeda.

Resusitasi jantung paru atau CPR merupakan salah satu penghubung yang disebut oleh American Heart Association sebagai rantai kelangsungan hidup. Dokter biasanya akan mendiagnosa kerusakan jantung apakah perlu menggunakan CPR atau tidak.

Angioplasty

Apa itu angioplasty? Angioplasty adalah prosedur yang menggunakan sangat sedikit pemotongan untuk membuka arteri jantung yang tersumbat. Angioplasti koroner menggunakan balon khusus dan tabung logam (stent) untuk membuka arteri koroner yang menyempit atau tersumbat. 

Dalam jangka panjang, teknik ini harus bisa meningkatkan aliran darah ke otot jantung dan menghasilkan lebih sedikit atau tidak ada angin. Angioplasty juga kadang-kadang digunakan sebagai perawatan darurat untuk orang-orang yang mengalami serangan jantung. 

Bedah Pintas Jantung

Jika penggunaan obat-obatan tidak cukup untuk mengobati penyakit jantung, maka ada kemungkinan dokter akan merekomendasikan prosedur atau pembedahan tertentu. Jenis prosedur akan tergantung pada jenis penyakit jantung dan tingkat kerusakan jantung kamu. 

Prosedur pembedahan biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit jantung ketika arteri koroner tersumbat. Dokter dapat mengobati masalah dengan memberikan darah jalur baru ke jantung.

Perawatan Penyakit Katup

Ketika katup jantung kamu mengalami masalah, hal itu dapat diobati dengan pembedahan tradisional atau dengan valvuloplasti balon dan tidak memerlukan banyak pemotongan.


 Kardioversi

Bagi banyak orang dengan penyakit jantung, mengonsumsi obat-obatan saja tidak akan mengubah aritmia menjadi irama jantung yang normal. Biasanya orang-orang ini mungkin memerlukan prosedur yang disebut kardioversi atau kardioversi listrik.

Menggunakan Alat Pacu Jantung

Alat pacu jantung terdiri dari baterai yang tahan lama dan sirkuit elektronik dalam wadah logam yang berada di bawah kulit kamu. Alat pacu jantung terhubung ke otot jantung kamu dengan satu atau dua lead. Alat pacu jantung modern bisa sangat hkamul dan nyaman.

Memiliki alat pacu jantung dapat sangat meningkatkan kualitas hidup kamu dan bagi sebagian orang itu bisa menyelamatkan jiwa. Alat pacu jantung dapat meredakan beberapa gejala aritmia, seperti kelelahan dan pingsan. Alat pacu jantung dapat membantu seseorang dengan irama jantung abnormal untuk melanjutkan gaya hidup yang lebih aktif.

Konsumsi Obat-Obatan

Obat utama yang digunakan adalah sering digunakan adalah statin, Statin berguna untuk menurunkan kolesterol  pengencer darah, mencegah pembekuan darah, mengobati serangan jantung, gagal jantung, dan juga tekanan darah tinggi.


Dokter kamu akan bekerja dengan kamu untuk menemukan obat yang aman dan efektif. Mereka juga akan menggunakan obat-obatan untuk mengobati kondisi yang mendasarinya yang dapat mempengaruhi jantung seperti diabetes sebelum menjadi masalah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Hipertensi: Mengobati dan Mencegah
Mengenal Diabetes, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya
7 Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Diabetes Melitus

Tindak Pencegahan Penyakit Jantung

Pada beberapa kasus, beberapa jenis penyakit jantung sudah ada sejak lahir dan tidak dapat dicegah. Namun pada jenis lain, penyakit ini tentu bisa dicegah, Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung antara lain:

Melakukan diet seimbang. 

Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, maka kamu harus tetap berpegang pada makanan rendah lemak, serat tinggi dan juga mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran segar setiap hari. Jangan lupa untuk meningkatkan asupan biji-bijian dan kurangi jumlah garam dan gula dalam makanan. 

Berolahraga secara teratur. 

Ini akan memperkuat jantung dan sistem peredaran darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga tekanan darah. Pertahankan berat badan yang sehat sesuai tinggi badan kamu. Agar proses metabolisme di dalam tubuh tetap stabil, maka olahraga yang rutin ini juga sangat diperlukan.


Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama untuk kondisi jantung dan kardiovaskular. Oleh karena itu jangan coba-coba untuk mulai merokok. Jika kamu seorang perokok, maka segeralah ubah kebiasaan dengan mengurangi batasan konsumsi rokok hingga bisa menghentikannya.

Kurangi Asupan Alkohol

Jika kamu gemar mengonsumsi alkohol, maka batasilah asupannya mulai dari sekarang. Jangan minum lebih dari 14 unit per minggu. Alkohol sendiri memiliki efek berbahaya bagi jantung terutama bisa dikonsumsi secara terus menerus. Dengan membatasi asupan alkohol, maka kamu bisa mengontrol kondisi yang memengaruhi kesehatan jantung.

Jadi, itulah beberapa cara mengobati penyakit jantung. Konsultasikan kepada dokter kamu untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kamu.

Ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email kamu di newsletter Ngovee.

Untuk mendapatkan obat penyakit jantung, download Lifepack, tersedia di Playstore dan Appstore.

Diedit oleh: Aileen Velishya