7 Vitamin untuk Imun Tubuh, Apa Saja?
Falla Adinda, dr

Ada banyak langkah terbaik yang bisa dilakukan supaya bisa menjaga kesehatan tubuh sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Dalam beberapa kondisi, menjaga imun tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh sesuai yang dibutuhkan. Mungkin anda belum tahu apa saja vitamin untuk imun tubuh. Kebanyakan dari dokter akan merekomendasikan kepada pasiennya supaya mengkonsumsi vitamin yang tepat.

Dokter akan merekomendasikan beberapa jenis suplemen maupun vitamin yang harus dikonsumsi sesuai pada kondisi kesehatan pasiennya. Vitamin atau suplemen bisa menjadi salah satu hal yang paling direkomendasikan supaya tetap menjaga kondisi tubuh agar sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Jika seseorang memiliki imunitas yang tinggi, maka tidak akan mudah penyakit menyerang. Namun perlu diingat dengan baik, bahwa dalam menentukan pilihan vitamin atau suplemen, Anda disarankan untuk memperhatikan beberapa hal. Termasuk dari segi kandungan yang ada di dalam suplemen tersebut. Berikut ini kandungan vitamin untuk imun tubuh yang harus ada pada suplemen:

1. Echinacea

Kandungan berupa Echinacea bisa berfungsi sebagai pembantu tubuh agar dapat melawan virus yang seringkali menimbulkan penyakit flu. Selain itu kandungan ini juga membantu melakukan pengontrolan pada tekanan darah, kadar gula, serta pertumbuhan sel. Lihat komposisi pada suplemen yang hendak Anda konsumsi tersebut, apakah mempunyai kandungan Echinacea atau tidak

2. Morinda citrifolia

Morinda citrifolia bisa saja ditemukan pada buah mengkudu, yang mana didalamnya mempunyai kandungan beberapa zat sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja berupa kalium yang bisa meningkatkan kekebalan serta stamina tubuh. Bahkan kandungan ini juga mampu memperbaiki bagian sel yang mengalami kerusakan.

Sayangnya, tidak semua kondisi tubuh bisa mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan ini. Untuk seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung, penyakit ginjal dan penyakit liver tidak disarankan untuk mengkonsumsi suplemen ini. Untuk lebih jelasnya silahkan mengkonsultasikan kepada dokter sebelum Anda mengkonsumsi jenis suplemen yang memiliki kandungan buah mengkudu.

3. Phyllanthus 

Phyllanthus juga disebut sebagai daun meniran yang dipercaya mempunyai kandungan berbagai senyawa sesuai yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Misalnya saja seperti adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada daun meniran. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk melakukan perlawanan radikal bebas sekaligus memperkuat bagian sistem imun tubuh.

4. Vitamin C

Suplemen yang memiliki kandungan vitamin C memang sudah dipercaya dari dulu mampu menjadi solusi untuk memperkuat bagian sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin C tentunya akan lebih rentan terhadap sakit. Sebagian besar vitamin C bisa ditemukan pada beberapa minuman, makanan dan juga buah-buahan. Ada banyak makanan yang mempunyai kandungan vitamin C. Misalnya seperti paprika, jeruk, strawberry, brokoli, kangkung, dan bayam.

5. Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada suplemen tidak hanya berperan untuk mendukung reaksi biokimia terhadap sistem kekebalan tubuh saja. Akan tetapi vitamin B6 juga mempunyai manfaat lain yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Untuk bisa mendapatkan makanan yang memiliki kandungan vitamin B6 bisa ditemukan pada ikan tuna, ikan salmon, ayam, dan sayuran yang berwarna hijau. Misalnya buncis, bayam, sawi, atau yang lainnya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Immunity Booster: Vitamin Yang Bagus Untuk Mencegah Corona
Manfaat Magnesium untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Sistem Imun Tubuh

6. Vitamin E

Suplemen yang memiliki kandungan vitamin E, maka sangat bagus dikonsumsi karena vitamin E mempunyai sifat antioksidan yang tergolong cukup kuat. Antioksidan inilah yang memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari adanya paparan infeksi maupun radikal bebas. Secara umum vitamin E bisa ditemukan dengan mudah pada biji-bijian, kacang-kacangan, maupun bayam.

7. Zinc 

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu zinc, zinc merupakan mineral yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa mendukung bagian sistem imun. Peran dari zinc sangat dibutuhkan sebagai perkembangan tubuh sekaligus memberikan dukungan kesehatan pada tubuh. Ada beberapa jenis zinc yang bisa ditemukan, misalnya saja seperti zinc sulfate, zinc citrate dan zinc gluconate.

Selain dapat meningkatkan fungsi pada kekebalan tubuh, kandungan zinc juga mampu membantu menjaga kulit, jantung, mata dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Jika seseorang memenuhi kebutuhan zinc dengan baik, maka secara tidak langsung akan melindungi diri dari beberapa jenis penyakit kronis seperti diabetes, kanker, maupun jantung.

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting dilakukan, karena pasti semua orang tidak ingin memiliki tubuh yang sakit-sakitan. Dalam menjaga kesehatan tubuh Anda bisa mempercayakannya kepada Jovee, yaitu sebagai aplikasi yang membantu seseorang supaya bisa menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat.

Meningkatkan gaya hidup sehat bersama Jovee, Anda tidak perlu repot. Jovee mampu memberikan rekomendasi suplemen secara personal spesial sesuai kebutuhan Anda. Setiap orang tentunya akan mempunyai kebutuhan yang tidak sama, oleh karena itu Anda dapat menceritakan kebutuhan tubuh melalui Jovee. Jovee akan pendengar yang terbaik untuk bisa membantu Anda agar bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Tidak perlu khawatir, Jovee sudah memiliki dukungan tim dokter profesional. Vitamin dan suplemen yang direkomendasikan sudah pasti sudah dilakukan tinjauan dari tim dokter Jovee. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena Jovee benar-benar menjadi teman sehat yang terpercaya.

Untuk informasi kesehatan lainnya, simak hanya di Ngovee.

Referensi:

Berkeley Wellness (2018). University of California. Antioxidants and Free Radicals.

White, L. B. Everyday Health (2016). Simple and Natural Ways Boost Your Immune System.

Diedit oleh: Aileen Velishya