8 Fakta Asam Folat Untuk Kesehatan

Kamu mungkin pernah mendengar asam folat dan manfaatnya bagi kesehatan. Kebanyakan dari masyarakat mengetahui manfaat asam folat untuk ibu hamil dan menyusui. Nyatanya ternyata asam folat juga bermanfaat untuk semua orang, tidak hanya ibu hamil. 

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, asam folat juga berperan penting dalam mengobati penyakit darah rendah (anemia) serta berbagai komplikasi yang menyebabkan usus tidak bisa menyerap sari makanan dengan baik.

Yuk simak apa saja fakta asam folat yang harus kamu ketahui.

Apa itu Asam Folat?

Asam folat merupakan salah satu bentuk turunan dari vitamin B tepatnya B9 yang dapat larut di dalam air. Kandungan asam folat secara alami sudah terkandung di dalam berbagai jenis bahan makanan. Asam folat mengandung berbagai bahan aktif seperti silikon dioksida koloid, laktosa monohidrat, natrium pati glikolat, asam asetat, dan selulosa mikrokristalin. 

Asam folat berwarna bubuk kristal berwarna orange kekuningan dan dapat larut di dalam air. Larutan asam folat sangat peka terhadap panas sehingga harus terlindung dari sinar matahari.

Mengenal Fakta Asam Folat Untuk Kesehatan

Menurut beberapa penelitian asam folat memiliki banyak sekali efek menguntungkan dan bermanfaat bagi manusia. Namun yang harus kamu ketahui, berbagai manfaat dan keuntungan asam folat hanya bisa didapat jika konsumsinya dilakukan dengan benar dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Kekurangan dan juga kelebihan asam folat justru akan memberikan dampak buruk. Sebagai tambahan informasi, berikut akan dijelaskan beberapa fakta terkait asam folat 

1. Asam Folat Tidak Disimpan di Dalam Tubuh

Tidak seperti beberapa nutrisi lain yang ada secara alami di dalam tubuh. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh. Asam folat sendiri biasanya diperoleh dari berbagai bahan alami seperti sayuran, hati, dan lemak.

Beberapa makanan serelia juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan sawi hijau memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran yang lain.

2. Mampu Menurunkan Risiko Cacat Lahir pada Bayi

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi. Hal ini bukan tanpa sebab. Kandungan asam folat nyatanya mampu menurunkan risiko cacat pada bayi baru lahir seperti kelainan organ atau tabung saraf spina bifida hingga 70%.

Kurangnya konsumsi asam folat mampu memicu berbagai cacat bawaan pada bayi seperti hidrosefalus. Agar janin tidak mengalami hal tersebut, maka Kamu harus mengonsumsi asam folat dalam kadar yang cukup.

3. Baik Dikonsumsi Sebelum Kehamilan

Banyak ibu hamil yang meyakini bahwa manfaat asam folat akan diperoleh ketika dikonsumsi selama masa kehamilan. Padahal nyatanya asam folat akan semakin baik bekerja ketika dikonsumsi sebelum memasuki masa kehamilan. Dengan begitu berbagai risiko cacat pada bayi akan semakin kecil.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Keajaiban Echinacea, Tanaman Herbal Untuk Sistem Imun
Mengenal Manfaat Glucosamine Untuk Sendi dan Tulang
Chondroitin, Apa Bisa Menyembuhkan Penyakit Sendi?

4. Mampu Menurunkan Kadar Homosistein Hingga 30%

Homosistein atau kadar tekanan darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit seperti ginjal dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat secara rutin mampu menurunkan kadar homosistein hingga mencapai 30%. Oleh karena itu orang-orang yang memiliki kadar homosistein yang tinggi disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12 dan juga asam folat.

5. Konsumsi Berlebih dapat Memicu Autisme

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat secara rutin dengan jumlah yang tepat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jika konsumsi asam folat dilakukan melebihi batas normal, maka risiko autism dapat meningkat hingga 17,6 kali lipat. Oleh karena itu sebelum mengonsumsi asam folat, Kamu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa takaran yang sesuai.

6. Mampu Mencegah Perubahan DNA

Asam folat yang terkandung dalam berbagai bahan makanan dapat mempertahankan struktur DNA pada tubuh dan mencegah perubahan struktur. Perubahan struktur DNA yang abnormal mampu menimbulkan kanker. Oleh karena itu mengonsumsi makanan dengan asam folat secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kanker pada tubuh.

7. Mencegah Kepikunan Alzheimer

Alzheimer atau kepikunan merupakan suatu penyakit penurunan fungsi otak yang biasanya terjadi pada orang tua. Agar penyakit ini tidak datang, maka Kamu bisa mencegahnya sejak dini. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat sejak muda akan mencegah penyakit Alzheimer atau kepikunan saat tua.

8. Harus Dikonsumsi Setiap Hari oleh Para Wanita

Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, kandungan asam folat di dalam tubuh harus dipenuhi setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam folat secara rutin mampu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu wanita yang berencana hamil atau tidak juga diwajibkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat setiap harinya.

Walaupun kebutuhan asupan asam folat sangat penting bagi ibu hamil, nyatanya asam folat juga dibutuhkan oleh semua orang baik anak-anak hingga orang tua. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin, maka berbagai penyakit akan dapat dicegah. Risiko cacat pada bayi baru lahir juga dapat dihindari. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan takaran konsumsi asam folat yang sesuai dengan kondisi tubuh.  

Itulah beberapa fakta tentang asam folat yang harus kamu ketahui, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut daftarkan email kamu untuk newsletter Ngovee.

Penuhi kebutuhan asam folat kamu, dengan Jovee. Tersedia di Playstore, Appstore dan di Official Store Jovee di e-commerce seperti Blibli, Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee. 

Diedit oleh: Aileen Velishya