Apa itu Selenium dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Dr. Fala Adinda

Pernahkah kamu mendengar apa itu selenium sebelumnya? Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang ditemukan di dalam tanah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain bisa ditemukan secara alami di alam, selenium juga mudah ditemukan di beberapa bahan makanan seperti biji bunga matahari, padi-padian, dan berbagai makanan laut.

Mineral selenium tidak diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu kamu membutuhkan bantuan dari luar untuk memenuhi kebutuhan selenium dalam tubuh. Apa saja manfaat selenium untuk tubuh?

Apa itu Selenium dan Berapa Banyak Jenisnya?

Selenium memiliki dua jenis bentuk yaitu selenium anorganik (selenite dan selenite) serta selenium organik (selenomethionine dan selenocysteine). Selenocysteine dan selenite yang direduksi menghasilkan hydrogen selenide yang nantinya dikonversi menjadi selenophospate untuk biosintesis selenoprotein. Untuk ukuran selenium yang paling umum yaitu selenium plasma dan konsentrasi serum selenium.

Berapa Banyak Selenium Yang Boleh Kamu Konsumsi?

Dosis normal kebutuhan selenium akan berbeda-beda sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Untuk anak-anak usia 1-3 tahun, takaran selenium yang dianjurkan yaitu sebanyak 20 mcg. Sedangkan untuk orang dewasa usia 19-50 tahun, dosis selenium yang dianjurkan yaitu sebanyak 55 mcg. Untuk wanita hamil, dosisnya lebih besar lagi yaitu sebanyak 60 mcg per hari.

Manfaat Selenium Bagi Tubuh

Selenium memiliki peran dan manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat dari selenium, kamu harus mengonsumsinya secara rutin dengan dosis yang tepat. Sebagai informasi, berikut akan dijelaskan beberapa manfaat yang didapat dengan mengonsumsi selenium secara rutin. Manfaat selenium bagi tubuh adalah:

1. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting baik bagi wanita maupun pria. Selenium sendiri sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ reproduksi dan mengendalikannya dengan sangat sempurna. Jika kamu para wanita yang sedang mengalami masalah pada organ reproduksi seperti haid yang tidak teratur, maka Selenium dapat digunakan untuk mendukung kesehatan organ reproduksi.

2. Menjaga Kualitas Sperma

Bagi pria dewasa, kualitas sperma yang baik perlu diperhatikan. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan selenium secara rutin ternyata mampu menjaga kualitas sperma. Kualitas sperma yang bagus tentu akan mempengaruhi proses pembuahan dan juga akan meminimalisir bayi yang lahir dengan kondisi cacat.

3. Meningkatkan Kesehatan Pada Otak

Konsumsi makanan yang mengandung mineral selenium secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan pada otak. Apalagi jika pengkonsumsiannya dilakukan secara rutin dengan jumlah takaran yang tepat. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium secara rutin, maka fungsi otak akan diperbaiki dan juga ditingkatkan sehingga kinerja dan juga kesehatannya akan semakin optimal.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin A: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi
Manfaat Kalsium Untuk Tulang & Gigi
8 Fakta Asam Folat Untuk Kesehatan

4. Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradangan biasanya terjadi jika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Walaupun bukan termasuk penyakit yang parah, namun peradangan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi selenium secara rutin. Selenium memiliki kandungan anti inflamasi sehingga ketika kebutuhannya di dalam tubuh terpenuhi, maka peradangan tidak akan menyerang.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Secara umum, manusia memiliki sistem pertahanan tubuh alami. Namun jika sistem imunitas sedang turun, maka risiko terkena serangan berbagai penyakit akan semakin tinggi. Selenium memiliki peranan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh alami. Dengan adanya peningkatan daya tahan tubuh, maka risiko serangan penyakit ringan seperti batuk dan flu bisa yang mengganggu aktivitas dapat dihindari.

6. Mengurangi Resiko Stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya penyumbatan pada darah. Jika tidak segera ditangani, maka serangan penyakit stroke dapat berkomplikasi menjadi berbagai jenis penyakit lain. Selenium sendiri memiliki peran yang sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan dan kesehatan pembuluh darah sehingga risiko serangan penyakit stroke dapat dihindari.

7. Membantu Mengendalikan Gejala Penyakit Lupus

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh. Sebelum menjadi penyakit serius, maka kamu harus mencegah dan mewaspadainya sedini mungkin. Jika gejala dan tanda-tanda penyakit lupus sudah terlihat, maka kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium.

Kandungan selenium mampu membantu mengontrol dan mengendalikan berbagai gejala dan tanda-tanda penyakit lupus. Oleh karena itu ketika kamu menemukan berbagai gejala penyakit Lupus segeralah memeriksakan diri ke dokter dan konsumsi makanan yang mengandung banyak selenium.

8. Mencegah Masuknya Virus dan Infeksi

Selenium juga sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya infeksi dan virus kedalam tubuh. Walaupun beberapa virus tidak berbahaya, namun jika menyerang tubuh hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas harian yang dijalani. Selenium sendiri mampu mencegah virus dan infeksi berkembang di dalam tubuh sehingga beberapa penyakit ringan seperti flu dan batuk dapat dicegah.

Sekarang kamu sudah mengenal apa itu selenium. Banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh selenium tentu akan sangat baik bagi tubuh. Oleh karena itu agar asupan selenium dapat terpenuhi, kamu disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung selenium seperti daging, biji-bijian, roti, telur, dan juga ikan. Agar manfaat yang didapat semakin terasa, maka pastikan takaran selenium yang kamu konsumsi sudah sesuai dengan dosis takaran yang dianjurkan.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan selenium harian kamu, download Jovee di Playstore dan Appstore. Dapatkan suplemen selenium terbaik dan berlisensi.

Ingin tahu informasi kesehatan lainnya? Daftarkan email kamu di newsletter Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya