Chondroitin, Apa Bisa Menyembuhkan Penyakit Sendi?
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Setelah mengenal manfaat glucosamine, rasanya tidak lengkap jika kamu tidak berkenalan dengan chondroitin. Chondroitin merupakan suatu suplemen herbal yang sering digunakan baik dengan dirinya sendiri maupun dicampur dengan glucosamine. 

Sama seperti glucosamine, chondroitin juga digadang-gadang dapat menyembuhkan penyakit sendi dan tulang. Pertanyaannya adalah apakah benar?

Yuk simak fakta-fakta berikut ini.

Apa itu Chondroitin?

Chondroitin adalah zat yang sebenarnya memang sudah ada dalam tubuh manusia yang diyakini mampu menarik air dan nutrisi ke dalam tulang rawan manusia sehingga tetap kenyal dan sehat. 

Duo Suplemen Sendi dan Tulang, Glucosamine dan Chondroitin

Glucosamine dan chondroitin merupakan zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh manusia. Glucosamine berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki tulang rawan. Sementara itu, chondroitin merupakan molekul yang memberikan efek elastis pada tulang rawan. 

Glucosamine diekstrak secara alami dari kulit udang, kepiting, dan hasil laut yang lainnya, yang memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri sendi pada penderita osteoarthritis. Sementara itu, chondroitin adalah komponen penyusun sendi, yang telah lama digunakan sebagai suplemen alami untuk menghambat terjadinya penguraian kolagen dan enzim penyebab rusaknya tulang rawan sendi. Jika glucosamine didapat dari kulit hewan laut, chondroitin didapat dari tulang rawan sapi dan hiu.

Manfaat Chondroitin Untuk Menyembuhkan Penyakit Sendi dan Tulang

Manfaat utama yang ditawarkan oleh chondroitin adalah untuk penyakit osteoarthritis. Sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada tulang rawan sendi di pangkal paha, lutut, punggung, dan pergelangan tangan atau kaki. 

National Institutes of Health melakukan penelitian selama 6 bulan pada orang yang mengkonsumsi Glucosamine dan chondroitin yang dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi obat-obatan penghilang nyeri sendi. 

Ternyata, didapatkan hasilnya yang menunjukkan bahwa suplementasi Glucosamine dan Chondroitin memberikan dampak yang sama efektifnya untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan menyembuhkan osteoarthritis.

Manfaat Chondroitin lainnya

Tidak hanya untuk sendi dan tulang, beberapa orang juga menggunakan chondroitin untuk mengobati penyakit jantung, osteoporosis, kolesterol tinggi. Chondroitin yang digunakan adalah dalam bentuk salep atau krim kulit dengan kandungan chondroitin sulfat digunakan untuk mengatasi rasa sakit. Dikombinasikan dengan glucosamine sulfate, tulang rawan, dan camphor. 

Berapa Dosis Yang Bisa Kamu Konsumsi?

Perhatian! Informasi yang disediakan berikut ini bukanlah pengganti resep dokter. Oleh sebab itu, kamu harus konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya sebelum mengkonsumsi obat ini. 

Dosis yang Bisa Digunakan untuk Orang Dewasa

Chondroitin merupakan suplemen herbal yang dapat diminum dengan dosis 200 – 400 mg 2 – 3 kali setiap hari. Kamu juga bisa mengkonsumsi obat ini dengan dosis 1.000 – 1.200 mg sekali setiap hari. Sedangkan untuk penggunaan pada kulit dengan kondisi osteoarthritis, digunakan dosis yang mengandung 50 mg/g chondroitin sulfat, 30 mg/g glucosamine sulfate, 140 mg/g tulang rawan, dan 32 mg/g kamper. 

Penggunaan dosis chondroitin dapat berbeda untuk setiap pasien, tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi yang lain. Jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki riwayat penyakit lainnya, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Artikel Lainnya :
Jovee, Personalisasi Suplemen dan Vitamin Untuk Milenial
10 Manfaat Ajaib Pisang untuk Kesehatan & Cara Terbaik Mengolahnya

Mengenal Efek Samping Chondroitin

Chondroitin merupakan suplemen herbal yang dapat menyebabkan beberapa efek samping, diantaranya alopecia atau kebotakan, sembelit, diare, sakit perut, serta gejala kulit, dan lain sebagainya. 

Efek samping ini tidak dialami oleh semua orang dan mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tersebutkan di atas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen ini sesuai dosis yang dianjurkan.

Bagaimana Cara Menyimpan Chondroitin?

Chondroitin merupakan suplemen atau salep yang harus disimpan di tempat yang dingin, kering, serta jauh dari panas dan lembab. Jangan gunakan obat ini bersamaan dengan obat antikoagulan, NSAIDs, atau salisilat karena berisiko meningkatkan pendarahan. 

Untuk mendapatkan suplemen chondroitin yang aman dan berlisensi, unduh Jovee di Playstore dan Appstore sekarang. Kamu tak perlu khawatir, karena kombinasi suplemen yang dianjurkan berdasarkan hasil tim dokter dan apoteker Jovee. Dengan Jovee, sehat makin dekat.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Foto oleh: Dhira P Yuga