Kenali Suplemen Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Corona
Dr. Fala Adinda

Mengkonsumsi vitamin dengan rutin nyatanya dapat mencegah virus yang berbahaya, contohnya virus yang belakangan ini kian merebak. Apalagi kalau bukan virus corona. Mengapa mengkonsumsi vitamin dapat mencegah virus yang berbahaya? Hal ini disebabkan karena vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Biasanya, suplemen penambah daya tahan tubuh dijual dalam bentuk serbuk, tablet, kapsul serta cairan. Produk ini dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dapat memperkuat sistem imun. Selain itu, daya tahan tubuh yang kuat diharapkan bisa melawan serangan penyakit entah virus atau bakteri, terutama virus corona. 

Hingga sekarang ada begitu banyak orang di dunia termasuk Indonesia sudah terinfeksi virus ini. walaupun banyak penderita yang sembuh, tetapi tidak sedikit yang meninggal karena virus ini. Wajar bila masyarakat merasa takut tertular virus ini. Saat daya tahan tubuh lemah, virus dapat dengan mudahnya masuk di dalam tubuh dan menimbulkan infeksi. 

Berikut tim Ngovee merangkum sederet vitamin yang berguna untuk penambah daya tahan tubuh.

Deretan Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Corona

Agar dapat menghindari serangan penyakit ini, tak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin. Lantas, apa saja sumber makanan yang mengandung banyak vitamin ini?

Berikut beberapa vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh Anda, antara lain:

1. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk memperkuat imunitas sehingga virus atau gangguan kesehatan lain tidak mudah masuk dalam tubuh. Vitamin D bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi ikan berlemak. Makanan yang memiliki kandungan vitamin D seperti kuning telur, hati sapi dan keju. 

2. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran menjaga daya tahan tubuh. Bila seseorang kekurangan vitamin C dalam tubuhnya, ia akan mudah terserang penyakit seperti sariawan, flu bahkan virus corona. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi paprika, bayam, jeruk dan strawberry.

3. Vitamin A

Vitamin A memiliki kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan karotenoid seperti labu kuning, wortel, ubi dan yang lainnya. Tak hanya itu, vitamin A juga bisa menurunkan risiko seperti kanker kulit.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 mempunyai peran yang sangat penting di dalam proses reaksi kimia. Makanan yang memiliki kandungan B6 seperti salmon, daging ayam, sayuran berdaun hijau dan masih banyak lagi. Tak hanya vitamin, manusia juga membutuhkan asupan mineral seperti zat besi. Zat besi akan membantu menyalurkan oksigen, makanan seperti kacang-kacangan dan produk laut menjadi contoh sumber zat besi. 

5. Vitamin E

Banyak yang menganggap jika vitamin E hanya untuk daya tahan tubuh. Vitamin E adalah antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kuat dalam berperang melawan penyakit. Makanan yang memiliki kandungan vitamin E seperti brokoli, biji-bijian, bayam, dan masih banyak lagi.

Agar semakin meningkatkan imun tubuh, Anda juga harus rajin berolahraga, serta mencukupi kebutuhan tidur tubuh. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol serta stress. Anda juga harus menerapkan langkah pencegahan lainnya yakni dengan rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir.

Jika sedang berada di luar dan tidak ada tempat untuk mencuci tangan, bawa hand sanitizer, selain itu gunakan masker bila Anda sedang flu atau tidak enak badan. Bila Anda merasakan gejala penyakit seperti gejala Covid-19, segera memeriksakan diri ke dokter, dan hindari masuk kerja maupun sekolah hingga benar-benar sembuh. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Immunity Booster: Vitamin Yang Bagus Untuk Mencegah Corona
Manfaat Magnesium untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
7 Vitamin untuk Imun Tubuh, Apa Saja?

Suplemen Cegah Penularan Corona, Benarkah?

Selain vitamin, banyak orang yang melirik suplemen agar daya tahan tubuh menjadi semakin kuat. Pada dasarnya, suplemen memang bisa memberi asupan nutrisi yang digunakan untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, Anda tetap harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap hari seperti vitamin, mineral, protein, serat dan yang lainnya.

Meskipun demikian, tak ada salahnya jika Anda ingin mengkonsumsi suplemen. Tetapi, pastikan kembali untuk mengkonsumsi suplemen sebagai petunjuk atau arahan dari dokter. Lebih-lebih jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu atau sedang terjangkit penyakit tertentu. 

Konsumsi suplemen yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, selain itu konsumsi suplemen yang benar-benar aman, jangan sampai karena ingin mencegah virus corona ini datang, Anda malah mengkonsumsi suplemen yang sembarangan dan menyebabkan hal-hal kurang baik bagi tubuh.

Agar Anda dapat mengkonsumsi suplemen secara aman dan baik, Anda dapat segera menginstal aplikasi Jovee. Ada rekomendasi suplemen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Suplemen Jovee juga terjamin aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping yang terjadi saat mengkonsumsi suplemen tersebut. Jadi, tak perlu khawatir lagi. Pastikan mengkonsumsi suplemen yang sudah teruji.

Diedit oleh: Aileen Velishya