Komposisi Vitamin yang Diperlukan untuk Menjaga Stamina Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tidak hanya di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, menjaga stamina tubuh harus tetap dilakukan setiap hari dan setiap waktu. Pasalnya, memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Lalu, bagaimanakah cara menjaga daya tahan tubuh? Berikut ini adalah daftar vitamin yang diperlukan tubuh:

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imun
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imun

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kekurangan vitamin C akan membuat tubuh rentan terkena berbagai penyakit. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Asupan vitamin C dapat diperoleh dari konsumsi suplemen vitamin atau makanan. Namun, lebih diutamakan untuk mengonsumsi sumber vitamin C dari makanan, seperti jeruk, stroberi, brokoli, paprika, bayam, kangkung, kubis, dan daun kale. Jumlah vitamin yang diperlukan tubuh dalam vitamin C adalah 1000mg per hari.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang diperlukan tubuh
Selain dari makanan, asupan vitamin D juga bisa diperoleh dari matahari pagi

Vitamin yang diperlukan tubuh yang lain adalah vitamin D juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Nutrisi ini berfungsi untuk memperkuat pertahanan tubuh, sehingga mencegah infeksi dari zat patogen. Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, konsumsi suplemen vitamin D mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pernafasan. Jadi, sangat tepat dikonsumsi pada masa pandemi Covid 19 seperti ini.

Sebenarnya, tubuh kita sudah memproduksi vitamin D secara alami. Namun, hanya akan aktif apabila tubuh terpapar oleh sinar matahari. Nah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh setiap hari, dapatkan asupan nutrisi ini lainnya dari makanan atau suplemen. Beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin D diantaranya ikan tuna, salmon, sarden, makarel, serta produk olahan diperkaya vitamin D (susu, yoghurt, dan jus).

Vitamin E

kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan vitamin e sangat baik untuk tubuh
Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Seperti halnya vitamin C, peran vitamin E juga sebagai antioksidan yang menangkal berbagai serangan radikal bebas. Ditambah lagi, vitamin E terlibat dalam hampir 200 reaksi biokimia tubuh sehingga sangat berpengaruh terhadap sistem imun. Anda dapat memperoleh asupan vitamin ini dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, dan biji bunga matahari.

Vitamin B Kompleks 

Vitamin B kompleks sangat baik untuk menjaga sistem imun dalam tubuh
Vitamin B kompleks sangat baik untuk menjaga sistem imun dalam tubuh

Vitamin B kompleks sangat diperlukan tubuh seperti vitamin B6 dan B12 memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh supaya berada pada performa terbaiknya. Banyak kasus menemukan orang dewasa mengalami kekurangan vitamin ini. Nah, untuk menjaga daya tahan tetap baik, pastikan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks dalam bentuk makanan, produk olahan yang diperkaya vitamin B kompleks, atau multivitamin.

Zinc

Zinc merupakan salah satu vitamin untuk memperkuat sistem imun
Zinc merupakan salah satu vitamin untuk memperkuat sistem imun

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang banyak dimasukkan dalam produk suplemen. Hal ini karena Zinc memiliki peran penting untuk memperkuat daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, zinc diperlukan pada proses perkembangan dan komunikasi sel imun tubuh. Akibat yang terjadi apabila tubuh kekurangan mineral Zinc yaitu mudah terkena berbagai infeksi dan penyakit, seperti pneumonia. Oleh karena itu, pastikan mendapatkan asupan nutrisi ini dari tiram, kepiting, daging tanpa lemak, kacang buncis, dan yoghurt.

Mineral Lain

Zat besi dapat diperoleh dari berbagai makanan
Zat besi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh

Selain Zinc, mineral lain yang berperan penting menjaga sistem imun tubuh yaitu zat besi dan selenium. Zat besi berfungsi membantu membawa oksigen ke seluruh sel tubuh dalam berbagai bentuk. Sumber zat besi dapat diperoleh dari daging ayam, seafood, kale, brokoli, dan kacang-kacangan. Sementara, selenium juga berfungsi untuk memperkuat imun dan mencegah risiko kanker. Sumber nutrisi selenium dapat diperoleh dari brokoli, bawang, sarden, tuna, kacang Brazil, dan barley.

Komposisi Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Mungkin, ada sebagian orang yang tidak mampu mendapatkan asupan vitamin yang cukup dari makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga harus mengonsumsi produk suplemen. Namun, pastikan untuk minum suplemen vitamin sesuai dosis yang dianjurkan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah zat-zat penting yang sebaiknya terdapat dalam suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Menjaga Daya Tahan selain Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Tidak cukup hanya dengan mengonsumsi vitamin, untuk menjaga daya tahan tubuh harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat seperti berikut ini.

  • Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh
  • Tidur yang cukup
  • Mengonsumsi asupan sehat seperti yang telah disebutkan di atas supaya sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.
  • Apabila asupan dari makanan tidak cukup, konsumsi suplemen makanan atau vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Rutin berolahraga supaya tubuh tetap bugar dan sistem imun tubuh meningkat.
  • Tidak merokok.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Sistem Imun Tubuh
Kenali Macam-Maca
m Vitamin Tubuh dan Sumber Nutrisinya
Kenali Makanan Tinggi Vitamin yang Baik untuk Tubuh
5 Vitamin untuk Kulit Alami dari Makanan
Vitamin Ibu Hamil yang Bagus, Apa Saja Rekomendasinya?
Lengkapi Vitamin Ibu Hamil Ini Agar Janin Kuat dan Sehat

Tips Memilih Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Ada banyak jenis multivitamin yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih jenis multivitamin dengan kandungan yang sesuai kebutuhan. Misalnya, jika Anda jarang mengonsumsi sayuran, sebaiknya pilih suplemen dengan kandungan vitamin C, vitamin E, atau beta karoten. Berbeda dengan Anda jarang mengonsumsi karbohidrat atau protein bahkan sayur, lebih baik konsumsi suplemen vitamin B1, B2, dan B6. Satu lagi, bagi Anda yang kerap beraktivitas malam hari dan kurang mendapatkan paparan sinar matahari, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store