Manfaat Kalsium Untuk Tulang & Gigi
Dr. Fala Adinda

Manfaat kalsium bukan hanya untuk tulang, tetapi juga untuk gigi. Apa itu kalsium? Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. Oleh karena itu pada anak-anak yang memasuki fase pertumbuhan dan perkembangan, asupan kalsium yang dibutuhkan tentu jauh lebih tinggi.

Kerangka tubuh manusia mengandung kurang lebih 99% kalsium. Selain ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti susu, yoghurt, ikan, dan sebagian besar biji-bijian. Kalsium juga ditemukan di banyak suplemen multivitamin mineral dan biasanya digabungkan dengan nutrisi lain seperti vitamin D. Jenis kalsium karbonat merupakan kalsium yang paling banyak didapat di suplemen. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.500-2000 mg kalsium per harinya, sedangkan untuk orang dewasa dan anak-anak berusia diatas 1 tahun konsumsi kalsium yang dianjurkan yaitu sebesar 1000-2000 mg per harinya. Agar penyerapan kalsium berjalan dengan baik, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi kalsium secara bertahap dan tidak lebih dari 500 mg dalam satu waktu.

Manfaat Kalsium yang Harus Anda Ketahui

Selama ini kalsium dikenal sebagai salah satu jenis mineral yang membantu menguatkan tulang dan gigi. Hal ini memang tidak salah, namun nyatanya fungsi kalsium tidak hanya sebatas itu saja. Beberapa fungsi dan manfaat kalsium yang harus Anda ketahui antara lain

  • Menjaga Fungsi Otot

Otot sangat penting dalam menyokong kekuatan tubuh. Agar kekuatan otot tetap terjaga, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium secara rutin. Selain bisa memperkuat tulang dan gigi, kalsium juga sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan mempertahankan kekuatannya.

  • Menjaga Detak Jantung 

Menjaga kesehatan jantung harus dilakukan sejak dini. Jantung yang sehat ditunjukkan dengan detak nya yang normal. Kalsium mampu mengontrol kontraksi jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh sehingga detak jantung menjadi teratur dan normal.

Oleh karena itu untuk menjaga detak jantung agar berdetak pada taraf normal, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium dalam batas normal. Namun jangan juga terlalu berlebihan karena hal tersebut justru akan merusak jantung.

Penyakit kanker memang sangat berbahaya dan terkenal sebagai salah satu penyakit mematikan. Untuk bisa melawan kanker, maka asupan nutrisi yang dapat melawannya harus terpenuhi. Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang bermanfaat untuk melawan kanker.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kalsium mampu membantu melawan kanker. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kalsium sangat ampuh menurunkan berbagai risiko kanker diantaranya kanker payudara, ovarium, dan juga usus besar.

  • Merampingkan Tubuh

Memiliki tubuh yang ramping dan langsung merupakan impian banyak wanita. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal adakalanya mereka harus menjalani diet ketat yang menyiksa. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi kalsium secara rutin maka memiliki tubuh yang ramping dan langsung bukan lagi sebuah impian.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kalsium memiliki efek metabolisme yang dapat membakar lemak pada tubuh. Oleh karena itu bisa dibilang bahwa kalsium mampu membantu melangsingkan tubuh.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
8 Fakta Asam Folat Untuk Kesehatan
7 Keajaiban Echinacea, Tanaman Herbal Untuk Sistem Imun
Mengenal Manfaat Glucosamine Untuk Sendi dan Tulang

  • Membantu Pembekuan Darah

Tidak hanya vitamin K saja yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Peran kalsium juga nyatanya sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah. Lalu bagaimana peran kalsium dalam proses pembekuan darah? 

Kalsium dapat bertindak sebagai pemicu peristiwa rantai yang nantinya akan menciptakan trombosit. Trombosit merupakan salah satu komponen penting yang dapat menghentikan proses pendarahan pada luka.

  • Menenangkan Saraf

Beberapa obat penenang menambahkan kalsium sebagai salah satu komponen penyusun obat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kalsium sangat bermanfaat dalam menenangkan syaraf. Selain itu kalsium juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit sehingga biasa ditambahkan dalam produk anestesi.

  • Mencegah Risiko Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi kalsium secara rutin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium secara rutin mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hingga 1-2 mmHg. Selain itu gejala pre-eklampsia yang biasa terjadi pada ibu hamil juga bisa dicegah.

  • Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa konsumsi kalsium yang berasal dari suplemen mampu mengurangi penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Namun manfaat tersebut bisa didapat jika asupan kalsium dilakukan tanpa melebihi batas yang telah ditetapkan.

Jadi kalsium tidak hanya berperan penting dalam penguatan tulang dan gigi saja. Dengan mengonsumsi kalsium secara rutin, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan lain yang tak kalah bermanfaat.

Namun agar berbagai manfaat bisa didapat, pastikan bahwa jumlah kalsium yang Anda konsumsi sudah sesuai dengan takaran. Jika masih kesulitan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa takaran kalsium yang pas untuk dikonsumsi.

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan emailmu dan langganan newsletter Ngovee.

Untuk mendapatkan kalsium yang berlisensi dan berkualitas baik, unduh aplikasi Jovee di Playstore dan Appstore.

Jovee juga tersedia di Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee dan Lazada