Manfaat Vitamin A: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi
Dr. Fala Adinda

Untuk memenuhi keseimbangan nutrisi pada tubuh, manusia tidak hanya membutuhkan nutrisi pokok seperti karbohidrat, lemak, dan protein saja. Manfaat vitamin A termasuk kedalam salah satu asupan nutrisi yang juga harus dipenuhi walaupun dalam jumlah yang lebih kecil.

Vitamin A termasuk kedalam salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada dua jenis vitamin A yang harus Kamu ketahui yaitu vitamin yang berasal dari bahan hewani dan juga bahan nabati. Kebanyakan orang mengenal vitamin A sangat bagus bagi kesehatan mata. Namun ternyata tidak hanya itu saja, vitamin A juga memiliki beberapa peran penting bagi tubuh.

Dalam dunia kimia, vitamin A dikenal juga dengan sebutan Retinyl Acetate, Retinol, atau Retinyl Palmitate. Konsumsi harian yang harus dipenuhi yaitu sebesar 900 ug/hari untuk pria dewasa dan 700 ug/hari untuk wanita dewasa. Vitamin A yang tersedia pada berbagai makanan memiliki dua bentuk yaitu vitamin performed (retinol dan esterifikasi) serta provitamin A karotenoid.

Manfaat Vitamin A: Beberapa Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang penting. Tidak hanya untuk mata saja, berbagai kandungan yang terkandung dalam vitamin A juga mampu memberikan berbagai manfaat dan keuntungan yang tak kalah baiknya bagi tubuh. Agar tidak penasaran, ini dia beberapa alasan penting mengapa Kamu harus mengonsumsi vitamin A secara rutin

1. Memperlambat dan Mencegah Penyakit Mata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin A sangat bagus untuk mata. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa beta karoten yang terdapat di dalam vitamin A mampu mencegah terjadinya degenerasi mata dan dapat memperkuat retina.

2. Mampu Mengatasi Permasalahan Kulit

Salah satu turunan bentuk dari vitamin A adalah retinol. Pada dunia dermatologi, retinoid dikenal sebagai salah satu kandungan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat. Untuk pengobatannya sendiri, obat yang berisi kandungan retinoid ini dapat dioleskan langsung ke daerah kulit yang bermasalah atau diminum secara oral.

3. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Secara alami tubuh memiliki sistem imunitas yang dapat melawan berbagai serangan penyakit yang datang. Namun satu jenis imunitas alami yang dimiliki oleh tubuh tentu tidak bisa menahan serangan penyakit yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi vitamin A, maka sistem imunitas yang ada di dalam tubuh dapat diperkuat.

4. Mampu Menyuplai Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

Walaupun jadwal kerja yang Kamu miliki sangat padat, namun kebutuhan nutrisi harus tetap terjaga. Banyak orang yang menjalankan diet untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Namun jika sulit dilakukan, maka mengkonsumsi vitamin A secara rutin mampu menyuplai kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

5. Menjaga Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Bagi para ibu hamil, mengkonsumsi vitamin A secara rutin sangat disarankan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan vitamin A mampu memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin seperti otot, jantung, otak, dan lain sebagainya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
8 Fakta Asam Folat Untuk Kesehatan
7 Keajaiban Echinacea, Tanaman Herbal Untuk Sistem Imun
Mengenal Manfaat Glucosamine Untuk Sendi dan Tulang

6. Menurunkan Risiko Kanker

Pada beberapa penelitian diketahui bahwa mengonsumsi vitamin A secara rutin dari sayuran-sayuran mampu menurunkan risiko kanker pada tubuh. Selain mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A, mengonsumsi suplemen dan betakaroten juga akan memberikan efek yang sama. 

Di negara Jepang, beta karoten vitamin A bahkan disarankan karena dapat membantu penyembuhan kanker usus besar. Selain itu beberapa bentuk vitamin A juga bisa digunakan untuk melawan kanker prostat.

7. Mengobati Penyakit Diabetes Tipe 2

Salah satu turunan vitamin A yaitu asam retinoate mampu menurunkan kadar gula darah pada mencit yang telah dibuat diabetes. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi vitamin A secara rutin mampu mengobati penyakit diabetes pada manusia.

8. Menurunkan Risiko Infeksi

Infeksi pada bagian tubuh bisa terjadi jika sistem imun tubuh melemah. Dengan mengonsumsi vitamin A secara rutin, maka berbagai risiko infeksi terutama pada bagian tubuh seperti dada, perut, dan juga tenggorokan akan bisa dihindari.

9. Mendukung Kesehatan Tulang

Walaupun nutrisi kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang adalah vitamin D, namun vitamin A juga sangat dibutuhkan agar proses pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin A yang rendah akan memiliki risiko patah tulang yang cukup besar.

10. Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi

Untuk menjaga kesehatan dan kenormalan janin selama dalam kandungan, maka ibu hamil wajib mengonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Konsumsi vitamin A yang cukup mampu membantu kesehatan organ reproduksi termasuk memperbaiki kualitas telur dan sperma.

Untuk menjamin kesehatan dan keseimbangan tubuh, maka mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi perlu dilakukan. Jadi walaupun mata Kamu tidak memiliki masalah sama sekali, konsumsi vitamin A tetap harus dilakukan untuk mencegah hadirnya berbagai penyakit pada tubuh.  

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mengonsumsi vitamin A. Ingin tahu informasi kesehatan lebih banyak? Daftarkan email kamu dan langganan newsletter dari Ngovee.

Untuk mendapatkan vitamin A, kamu bisa download Jovee di Playstore dan Appstore. Atau beli melalui official store Jovee yang tersedia di Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Foto oleh: Dhira P Yuga