Mengenal Manfaat Glucosamine Untuk Sendi dan Tulang

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah mengenal manfaat glucosamine untuk sendi dan tulang. Kamu mungkin bertanya-tanya seberapa ampuh suplemen ini untuk mengatasi nyeri sendi. Tapi sebelum itu mari kenali lebih jauh mengenai glucosamine.

Apa itu Glucosamine?

Glucosamine adalah zat yang sebenarnya secara alami sudah diproduksi oleh tubuh. Manfaat dari keberadaan zat ini pada tubuh adalah untuk mengatasi dan memperbaiki kesehatan persendian pada tulang. Sayangnya, jumlah Glucosamine sendiri dapat berkurang seiring bertambahnya usia seseorang. Untuk itu, banyak perusahaan farmasi yang kini menambahkan kandungan Glucosamine untuk membantu mengatasi permasalahan pada sendi dan tulang. 

Dimana kamu bisa mendapatkan glucosamine?

Glucosamine yang dimasukkan dalam obat ataupun suplemen tulang dan sendi diperoleh dari fermentasi bakteri pada biji-bijian dan juga dari cangkang kerang. Cangkang kerang terbukti memiliki kandungan Glucosamine yang baik untuk sendi dan tulang. 

Manfaat Glucosamine untuk Sendi dan Tulang

Ada dua jenis utama dari senyawa Glucosamine yakni Glucosamine sulfat dan juga Glucosamine hidroklorida. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk memproduksi glycosaminoglycans dan juga glycoprotein. Glycosaminoglycans dan juga glycoprotein terbukti bermanfaat untuk memperbaiki persendian, tulang rawan, ligamen serta tendon.  

Berikut adalah manfaat utama dari Glucosamine:

  • Mengatasi Keluhan Osteoarthritis

Kondisi Osteoarthritis (OA) adalah kondisi dimana tulang rawan yang berfungsi untuk bantalan pada persendian hancur. Akibat dari hancurnya tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan sendi ini akan mengakibatkan munculnya rasa sakit dan juga kaku pada persendian. Penderita OA pun akan merasakan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak akibat bantalan sendi yang hancur.

Serangan OA ini umumnya akan terjadi pada bagian pinggul, lutut, persendian tangan, serta tulang belakang. Menurut penelitian yang banyak dilakukan hari ini menunjukkan bahwa senyawa Glucosamine bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan juga meningkatkan fungsi pergerakan pada penderita OA. 

Hal ini juga dibuktikan lewat review penelitian di tahun 2005 pada 20 riset terkait Glucosamine membuktikan bahwa adanya peningkatan pada persendian untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan. Selanjutnya lewat penelitian yang dilaksanakan di tahun 2006 pada sekitar 1600 penderita lutut OA, menunjukkan bahwa untuk penderita dari mulai sedang hingga parah mengalami penurunan rasa sakit setelah mengkonsumsi kombinasi Glucosamine dan juga chondroitin. 

Artikel lain :
Chondroitin, Apa Bisa Menyembuhkan Penyakit Sendi?
Cara Tepat Mengontrol Tekanan Darah Bagi Penderita Hipertensi

Lewat penelitian di tahun 2006 ini kemudian dikembangkan obat Glucosamine/chondroitin Arthritis Intervention Trial (GAIT). Obat GAIT ini kemudian diteliti lagi di tahun 2010 dan ditemukan bahwa keduanya sangat efektif untuk mengatasi lutut OA. 

  • Bermanfaat untuk Perbaikan Patah Tulang

Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh Departemen Ortopedik dan Traumatologi dari Rumah Sakit Haseki Training dan Riset Turki membuktikan bahwa pemberian Glucosamine bermanfaat untuk mempercepat perbaikan tulang. Penelitian ini melibatkan sampel berupa 61 tikus betina yang memiliki masalah patah tulang.

Pada awal masa penyembuhan sampel ini kemudian diberikan Glucosamine dan ada juga yang tidak diberikan sebagai kontrolnya. Pada minggu pertama, dapat dilihat sampel yang diberikan Glucosamine memiliki kecepatan perbaikan tulang yang lebih tinggi ketimbang yang tidak diberikan Glucosamine. 

Jumlah tulang yang terbentuk juga lebih besar jumlahnya bagi tikus yang diberikan Glucosamine. Namun, saat, perbaikan tulang telah mencapai tahap akhir, maka pemberian Glucosamine tidak terlalu disarankan karena tidak memberikan dampak signifikan. 

  • Membantu Menurunkan Rasa Nyeri pada Punggung Bawah

Konsumsi Glucosamine sulfat dipercaya mampu mengatasi atau setidaknya menurunkan rasa nyeri pada bagian lumbar yakni nyeri pada tulang punggung atau di dekatnya yang lebih ke bawah. Para ilmuwan percaya bahwa terapi menggunakan Glucosamine sulfat yang ditambahkan senyawa kalium bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

  • Menurunkan Kolesterol Buruk

Kolesterol dalam jumlah yang ideal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol sendiri dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Selain itu Kolesterol juga membantu untuk melindungi sel yang memang merupakan penyusun tubuh. Kolesterol juga dapat membantu pembentukan berbagai hormon dalam tubuh.

Kolesterol di dalam tubuh dibawa oleh protein atau lipoprotein. Lipoprotein memiliki dua jenis utama yakni lipoprotein LDL yakni yang memiliki kepadatan rendah. LDL lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kolesterol jahat. Kemudian ada pula lipoprotein HDL yang memiliki kepadatan tinggi. HDL ini lebih dikenal masyarakat sebagai kolesterol baik.

Meski memiliki manfaat yang sangat luas, namun kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam tubuh sangat tidak disarankan. Para peneliti telah menguji bahwa senyawa Glucosamine pada tubuh ternyata mampu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Selain dapat membantu menurunkan LDL, ternyata Glucosamine juga dapat meningkatkan kandungan high density lipoprotein atau HDL. 

Dosis Konsumsi Glucosamine yang Tepat

Patut dipahami bahwa Glucosamine bukanlah obat melainkan suplemen untuk membantu mengurangi rasa nyeri sendi dan membantu percepatan penyembuhan patah tulang dan masalah sendi lainnya. Di pasaran, kamu bisa menemukan suplemen Glucosamine yang tersedia dengan bentuk suntik, tablet minum hingga topical.

Dosis dari suplemen Glucosamine yang tepat tentu disesuaikan dengan kondisi penderita. Apabila penderita mengalami masalah osteoarthritis (OA), maka dosis yang disarankan adalah sebanyak 1500 mg setiap harinya. Untuk meminumnya tentu tidak sekaligus 1500 mg, namun dibagi dalam 3 waktu yakni masing-masing 500 mg. 

Untuk jenis Glucosamine sulfat disarankan untuk konsumsi 750 mg sebanyak dua kali sehari selama durasi 6 minggu. Untuk pemberian dengan cara suntik, maka suplemen Glucosamine hanya akan diberikan oleh tenaga medis saja.

Glucosamine yang terdapat pada suplemen umumnya terbuat dari cangkang kerang. 

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang dibawah pengobatan medis, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ketika akan mengkonsumsi suplemen Glucosamine.

Untuk mendapatkan suplemen Glucosamine melalui Jovee, download aplikasinya di Playstore dan Appstore sekarang.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Foto oleh: Dhira P Yuga