Bolehkah Ibu Hamil Makan Jambu Biji?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Anda tahu bukan bahwa di Indonesia terdapat jambu biji? Jambu biji berasal dari Brazil. Kok bisa yah sampai di Indonesia, tentunya jambu biji disebar melalui Thailand ke Indonesia. Buah jambu biji ini sangatlah lezat dan pastinya dinikmati Anda juga. 

Kandungan yang ada di dalam jambu biji adalah sumber serat, vitamin C, dan juga folat cukup tinggi. Anda harus tahu, bahwa ketika mengkonsumsi jambu biji dikala kehamilan akan membantu menyehatkan tubuh serta meningkatkan kesuburan. Suplemen jambu biji ekstrak dan teh terbuat dari buah atau daun dikatakan memberikan manfaat serupa.

Bagaimana Jambu Biji Mempengaruhi Kehamilan? 

Mungkin saat ini Anda penasaran dengan potensi jambu biji yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan meningkatkan kesuburan. Kemungkinan besar manfaat ini akan terasa saat mengalami masa kehamilan.

Anda harus tahu bahwa jambu biji ini kaya akan nutrisi serta senyawa yang mampu meningkatkan kehamilan agar berjalan sehat dan mampu mencegah berbagai macam penyakit komplikasi. 

Semua akan terasa sama manfaatnya meskipun digunakan untuk obat tradisional di seluruh dunia. Bahkan, hal ini sudah mendapatkan studi klinis untuk menilai efek dari buah jambu biji dan ekstraknya ketika dikonsumsi oleh manusia. 

Bagaimana jambu biji mempengaruhi kehamilan? Hal ini disebabkan nutrisi yang ada di dalam jambu biji. Dalam rangka mendukung perkembangan janin yang sangat sehat, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan akan protein, vitamin C, folat, dan beberapa nutrisi yang lebih tinggi. 

Secara khusus, vitamin C memang penting untuk pertumbuhan yang optimal terhadap bayi Anda Mengapa? Karena, vitamin C juga mampu membantu meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil untuk membantu memberikan oksigen kepada bayi. Tidak hanya itu, adanya asupan folat yang sangat cukup di masa kehamilan akan membantu bayi agar tidak cacat pada saat kelahiran dan tidak memiliki permasalahan pada perkembangan tulang belakang. 

Manfaat Mengkonsumsi Jambu Biji Masa Kehamilan

Mungkin telah disebutkan di atas bahwa jambu biji sangat baik untuk ibu hamil. Apakah Anda ingin tahu banyak manfaat dari mengkonsumsi jambu biji? Inilah manfaat dari jambu biji, diantaranya sebagai berikut: 

Meredakan Permasalahan di Saluran Pencernaan 

Dalam penelitian telah menunjukkan bahwa jambu biji mampu untuk meringankan permasalahan pencernaan layaknya asam lambung, diare, serta sembelit. Bahkan ini bisa dialami ketika masa-masa kehamilan. 

Tidak hanya kandungan yang kaya akan vitamin C dan folat, jambu biji juga kaya akan serat baik yang mampu diterima tubuh berkisar 9 gram di dalam 1 gelas (165 gram). Makan cukup serat di dalam masa kehamilan akan membantu mencegah sembelit. Jadi, buat ibu hamil konsumsilah jambu biji untuk kebutuhan janin agar sehat. 

Mengurangi Risiko Terkena Tekanan Darah Tinggi 

Beberapa wanita hamil pasti pernah mengalami preeklampsia, komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kemungkinan kerusakan pada ginjal atau hati.

Jambu biji dapat menurunkan risiko ini ketika kondisi sedang hamil, karena studi tabung telah menunjukkan bahwa senyawa di dalam daun jambu biji mampu untuk menghambat enzim yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu saja, dalam studi yang menunjukkan orang dewasa yang mengkonsumsi jambu biji bisa membuat penurunan tekanan darah yang sangat signifikan, dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak mengkonsumsinya. 

Teh Daun Jambu Biji Dapat Mengontrol Gula Darah

Diabetes gestasional dapat mempengaruhi ibu-ibu hamil. Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda tidak memproduksi insulin yang cukup atau sel-sel Anda menjadi resisten insulin ketika masa-masa kehamilan. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dan terkait juga dengan komplikasi seperti kelahiran dini atau berat badan lahir bayi terlalu tinggi.

Dengan mengkonsumsi teh daun jambu biji bisa mengontrol gula darah dimasa kehamilan. Maka dari itu, ibu hamil yang mempunyai riwayat kadar gula tinggi bisa dikontrol dengan mengkonsumsi teh daun jambu biji. 

Pada intinya, jambu biji kaya akan folat serta nutrisi lain yang dapat mendukung kehamilan wanita. Selain itu, tidak hanya membantu di masa kehamilan jambu biji mampu meringankan masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kontrol gula darah. 

Bahkan, konsumsi jambu akan memberikan manfaat untuk kesuburan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya nutrisi, serat, folat, serta vitamin C. Jadi, dengan ini jambu biji dianggap sebagai salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kesuburan. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Coba Terapkan 8 Tips Ini Agar Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Terjaga
6 Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan yang Sering Kali Terjadi
8 Kegiatan Ibu Hamil untuk Merangsang Kecerdasan Otak Janin
Inilah Ciri ciri Hamil Muda Yang Diprogram Sejak Dini
Cara Cepat Hamil Hanya Dalam 1 Bulan
Cara Menghitung Usia Kehamilan
Cara Menghitung Masa Subur Wanita
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil

Maka dari itu, setelah mengetahui banyaknya manfaat jambu biji untuk ibu hamil dan juga pengaruh jambu biji pada kehamilan. Mungkin, mulai sekarang Anda bisa konsumsi jambu biji secara konsisten setiap hari dengan dosis yang sesuai standar. Anda bisa membicarakan hal seperti ini juga kepada dokter terpercaya untuk mengetahui dampak positif serta negatif mengkonsumsi jambu biji. 

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.