Inilah Ciri ciri Hamil Muda Yang Diprogram Sejak Dini
Falla Adinda, dr

Apakah kamu termasuk seorang wanita yang tengah menantikan kehadiran sang buah hati tercinta? Jika iya, perhatikan ciri-ciri hamil muda yang dipersiapkan berikut ini ya!

Hamil adalah sebuah tahapan pasca pernikahan yang pasti dinanti-nantikan oleh calon orangtua. Tentunya, fase ini merupakan fase yang membahagiakan bagi tiap pasangan. Namun, tahukah kamu apakah sudah berbadan dua atau belum? 

Ciri-ciri Hamil Muda

Meskipun pada umumnya tes kehamilan ini sering dilakukan dengan cara tes darah di laboratorium atau tes urin, namun ciri-ciri hamil juga bisa diketahui melalui beberapa hal berikut ini.

Telat Menstruasi

Jika kamu mengalami telat menstruasi, lebih dari 30 hari semenjak menstruasi terakhir kamu, itu dapat menjadi tanda pertama bahwa kamu sedang hamil muda. Walaupun tidak selalu menjadi tanda pertama bahwa kamu hamil, telat menstruasi bisa menjadi penanda awal. Apalagi jika kamu telah melakukan hubungan intim tanpa proteksi dengan pasangan dalam jangka waktu lima hari sebelum ovulasi.

Perubahan pada Bentuk Payudara

Ciri utama ketika kamu sudah hamil muda dapat dilihat dari bentuk payudara. Pada umumnya, ketika seseorang telah hamil bentuk payudaranya akan membesar. Hal ini terjadi akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron. 

Disamping itu, kondisi payudara juga akan terasa lembut. Puting susu pun akan membesar dan berubah warna jadi gelap. Kadang, juga terasa sedikit gatal. Pembuluh darah vena pada bagian payudara pun akan makin terlihat karena penegangan.

Morning Sickness atau Mual dan Muntah-muntah

Mayoritas ibu hamil selalu mengalami morning sickness atau mual-mual dan muntah-muntah di awal kehamilannya. Hal ini terjadi akibat peningkatan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin secara tiba-tiba. 

Rasa mual ini baru akan hilang ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Kenapa disebut dengan morning sickness? Sebab, mual dan muntah-muntah ini terjadi di pagi hari. Meski demikian, ada juga yang mengalaminya pada siang dan malam hari.

Mudah Lelah dan Mengantuk

Ciri-ciri hamil lain yang biasanya dialami oleh sebagian besar wanita adalah mudah merasa lelah dan mengantuk. Rasa lelah dan mengantuk tersebut terjadi karena perubahan hormonal dan akibat kinerja beberapa organ vital seperti jantung, ginjal dan paru-paru yang makin bertambah. Disamping itu, ukuran perut ibu yang membesar juga memberikan beban tersendiri bagi calon Ibu.

Indera Penciuman Jauh Lebih Sensitif

Saat hamil muda, seorang calon ibu juga akan merasa jika indera penciumannya menjadi lebih sensitif. Misalnya, mudah mencium bau tak sedap sehingga timbul rasa mual. Peningkatan indera penciuman ini dipicu oleh perubahan hormon estrogen dalam tubuh.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Cepat Hamil Hanya Dalam 1 Bulan
Cara Menghitung Usia Kehamilan
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil

Perubahan Mood

Jika kamu melihat ada ibu hamil yang mudah marah dan sedih, janganlah kaget. Justru, itulah salah satu ciri-ciri hamil karena peningkatan hormon tertentu dalam tubuh. Nah, ketidakseimbangan hormon inilah yang mengakibatkan mood ibu hamil jadi mudah berubah-ubah, terutama di pagi hari.

Sering Buang Air Kecil

Ketika seseorang tengah hamil muda, maka frekuensi buang air kecil jadi bertambah dari biasanya hal ini terjadi karena si janin sering menekan kandung kemih sehingga sirkulasi darah meningkat. Disamping itu, kandung kemih juga lebih cepat penuh karena disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

Sakit Punggung

Bagi ibu hamil maupun yang pernah hamil, pasti tahu banget rasa sakit punggung ini selama masa kehamilan. Jika punggung sering terasa nyeri, bisa jadi karena ligamen yang melemas. Rasa nyeri ini pun masih akan terus berlanjut hingga usia kehamilan bertambah dan faktor pusat gravitasi.

Nah, itulah ciri-ciri hamil yang perlu diketahui oleh calon ibu. Untuk memastikan segala gejala diatas, kamu dapat melakukan konfirmasi dengan tes kehamilan yang mudah yaitu test pack. Untuk mendapatkan hasil yang paling akurat kamu dapat melakukan USG. Dengan melakukan USG kamu bisa melihat usia kandungan secara akurat. 

Jangan lupa, siapkan segala keperluan saat hamil muda dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan, menentukan menu makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi, dan budget untuk kebutuhan pra hingga pasca kelahiran kelak.

Ingin mengetahui informasi lebih lengkap untuk kesehatan? Cek selengkapnya di Ngovee.

Jovee juga punya paket spesial untuk nutrisi ibu hamil. Jovee tersedia di Playstore dan Appstore. Official store Jovee juga ada di Bukalapak, Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee

Diedit oleh: Aileen Velishya